Bahasa Indonesia Jadi Tren di Thailand

loading...
loading...
Artikel Terbaru:
Tahu tidak kalau Bahasa Indonesia menjadi mata kuliah pilihan yang paling diminati di Thailand? Salah satunya ada di Universitas Mae Fah Luang dan Universitas Thammasat.

Hal ini disebabkan negara-negara di ASEAN yang menggunakan bahasa Melayu terdiri dari tiga negara. Yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Saking jadi favorit, tahun ini pemerintah akan mengirimkan 220 tenaga pengajar Bahasa Indonesia ke berbagai negara terutama Asia.

Selain mengajar bagi warga negara asing, mereka juga akan memperkenalkan budaya Indonesia. Tak hanya Thailand, para pengajar akan terbang ke Vietnam, Filipina, Myanmar dan Kamboja serta Amerika Serikat.

Berdasarkan liputan BBC Indonesia, bahkan di negeri itu KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) telah mengadakan lomba pidato berbahasa Indonesia.

“Biasanya warga Thailand kesulitan untuk melafalkan kata-kata dalam bahasa Indonesia terkait dengan perbedaan linguistik antara bahasa Indonesia dan Thailand,” ujar Hamam Supriyadi, yang mengajar bahasa Indonesia di Universitas Tammasart, Bangkok.

Selain itu, jumlah warga Indonesia yang bermukim di Thailand juga tidak terlalu banyak, sehingga kesempatan bagi warga Thailand untuk mengasah kemahiran berbahasa Indonesia mereka dengan penutur asli, terbatas.

Sumber: tribunnews.com
loading...
Artikel Lainnya: