loading...

5W1H Berita Tabrakan Beruntun Belasan Kendaraan di Puncak Bogor

Artikel Terbaru:
loading...
Berita yang baik adalah berita yang lengkap informasinya, setidaknya menjawab pertanyaan 5W1H: What, where, when, who, why, how (ingat: kalau dilafalkan seperti bahasa Cina: wat wer wen, hu wai hau). Dalam B.Indonesia, lebih enak mengingatnya dengan membuat akronim: Adik Simba (Apa, DI mana, Kapan, SIapa, Mengapa, Bagaimana). Apa yang diberitakan, di mana, kapan, dan mengapa terjadi, siapa yang terlibat, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
Selain itu masih ada kata tanya yang lain (kata tanya turunan), misalnya berapa (diturunkan dari How, yaitu How much/ how many), dari mana (diturunkan dari Where, yaitu From where).

Perlu diingat, bahwa setiap bagian kalimat atau paragraf bisa saja mengandung lebih dari satu unsur berita. Namun yang dimaksud di sini adalah dalam satu bagian berita (kalimat ataupun paragraf), unsur berita yang dimaksud adalah yang termaktub dalam inti kalimat atau inti paragraf.

Berikut contoh berita yang disusun kembali berdasarkan 5W1H:
Apa, Di mana, dan Kapan
Kecelakaan beruntun melibatkan belasan mobil terjadi di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor. Kecelakaan terjadi tepat di tanjakan Selarong, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu petang (22/4) sekitar pukul 17.15 WIB. Dalam peristiwa tersebut dilaporkan terdapat korban jiwa.

Siapa
Untuk sementara, terdata tiga orang meninggal dunia dengan nama Okta Riyansyah Purnama Putra (26) warga Sematang Borong, Palembang, Jainudin warga Bogor, dan Dadang (45) selaku Kepala Desa Citeko, Bogor.
Lalu ada korban luka berat yakni salah satu penumpang sepeda motor Yamaha Vixion, kemudian Aris Beni (16) warga Tangerang, dan satu lagi ada Saiful Bahri (33) warga Jakarta Selatan.

Selain luka berat, juga didapati korban luka ringan dengan identitas masing-masing Hasanudin (21) warga Tangerang, Tommy Gunawan (36) warga Bogor, dan Darus Zaelani (40) warga Cisarua.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa hingga kini mereka masih mendata para korban kecelakaan beruntun itu. "Terus didata ya, petugas di lapangan juga berusaha melancarkan arus di sana," kata dia, Sabtu (22/4).

Dia juga berkata, insiden ini melibatkan tujuh mobil kecil, lima unit sepeda motor dan satu unit bus pariwisata. Adapun kendaraan yang terlibat identitasnya yakni mobil Grand Livina dengan nopol B 7401 NDY, sepeda motor Honda Vario dengan nopol B 4446 SBC, mobil Daihatsu Ayla dengan nopol F 1423 NH, sepeda motor Yamaha Vixion belum diketahui nopolnya, mobil Toyota Avanza dengan nopol B 1818 EFB, mobil Toyota Rush belum diketahui nopolnya, angkot dengan nopol F 1976 MP, mobil Toyota Avanza dengan nopol F 1851 CD.

Mengapa dan Bagaimana
Informasi yang dihimpun, sejumlah mobil terlihat hancur akibat kejadian tersebut. Bahkan, sebuah mobil hitam terlihat terguling di lokasi kejadian. Tampak sebuah bus berwarna orange terlibat dalam kecelakaan tersebut dan berhenti diantara mobil yang hancur.

Selain itu, sejumlah korban terlihat tergeletak di pinggir jalan. Dari keterangan yang didapat, salah satu korbannya merupakan Kepala Desa Citeko, Cisarua. Akibat kejadian tersebut, jalan terpantau macet dan terhambat.

Kecelakaan bermula saat bus HS Transport bergerak dari arah Puncak menuju Gadog.
Saat melaju di turunan Selarong, bus tersebut diduga mengalami rem blong. Bus melaju sangat kencang dan melibas kendaraan di depan serta kendaraan dari arah berlawanan. Selain mobil, bus maut itu juga menabrak sejumlah sepeda motor.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky mengatakan, awalnya bus menabrak mobil jenis Grand Livina dan dua sepeda motor. Kemudian menabrak kendaraan Daihatsu Ayla dan tiga mobil Avanza yang melaju dari arah berlawanan, yakni dari Gadog menuju Puncak.

Selanjutnya, bus berbelok ke kiri dan kembali menabrak kendaraan Avanza serta angkot. Tak sampai di situ, bus maut itu lagi-lagi menabrak tiga sepeda motor yang datang dari arah Puncak menuju Gadog.
Bus akhirnya berhenti di tengah jalan dalam keadaan melintang menghadap ke barat. “Tidak kurang dari enam mobil dan lima motor yang ditabrak. Kepolisian tengah melakukan evakuasi dan terus lakukan pengembangan terkait kejadian tersebut,” ucap M Dicky.

Sumber: jawapos.com

Loading...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...